Entri Populer

Senin, 02 April 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) OBJEK DAN PERMASALAHAN BIOLOGI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           :  SMA
Mata Pelajaran          :  Biologi
Kelas/Semester          :  X/I
Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A.      Standar Kompetensi     
1.  Memahami hakikat Biologi  sebagai ilmu
B.       Kompetensi Dasar         
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)
C.      Indikator
1.      Mengidentifikasi objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
2.      Mengidentifikasi masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
3.      Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi dengan rencana  penelitian sederhana yang dapat dilakukan.
4.      Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah.
D.      Tujuan Pembelajaran
Siswa SMA kelas X semester I diharapkan mampu:
  1. Menentukan dengan benar objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan setelah melakukan diskusi kelompok
  2. Menentukan dengan benar permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan setelah melakukan diskusi kelompok
  3. Menghubukan dengan benar objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan setelah melakukan diskusi kelompok
4.      Mengusulkan alternative pemecahan masalah biologi dengan rencana  penelitian sederhana dengan tepat setelah melakukan diskusi kelompok
5.      Melakukan pengamatan secara teliti objek dan permasalahan biologi di sekitar lingkungan sekolah melalui kegiatan pratikum
6.      Memberikan contoh dengan benar pemecahan masalah biologi dengan menggunakan metoda ilmiah setelah melakukan diskusi kelompok
A.      Materi Pembelajaran
1.      Objek Biologi Berbagai Tingkat organisasi Kehidupan
Kajian biologi  meliputi makhluk hidup dengan segala permasalahannya, mulai dari individu (molekul, senyawa, sel, jaringan, organ, sistem organ), populasi, komunitas, ekosistem sampai bioma yang ditemukan pada lapisan bumi biosfer
2.      Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat organisasi Kehidupan
Masalah biologi dapat  terjadi pada tingkat molekul, senyawa, jaringan sampai bioma. Contoh pada tingkat  organ seperti kanker kulit,  patah tulang. Pada tingkat ekosistem, hampir punahnya badak bercula satu, berubahnya sawah menjadi pemukiman dll.
3.      Metode Ilmiah
Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu Biologi digunakan metoda ilmiah.  Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah

B.  Metode Pembelajaran :
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Presentasi
  4. Praktikum
  5. Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray)
C.     Kegiatan Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
1.        Pendahuluan (10 menit)
a.       Guru memberikan apersepsi
Mengapa kita harus mempelajari biologi!
b.      Guru memberi motivasi
Guru meminta siswa untuk melihat keluar kelas, setelah itu menyakan dengan pertanyaan berikut:  Apa saja yang kamu lihat, mana yang menjadi objek biologi!
2.        Kegiatan inti (70 menit)
a.       Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b.      Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang
c.       Siswa diminta melakukan diskusi yang membahas tentang objek biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan, permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan dan mengusulkan cara pemecahan masalah biologi
d.      Setelah selesai mendeskusikan, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain
e.       Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
f.       Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
g.      Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka
h.      Guru meminta salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya dan siswa lain menanggapi atau bertanya.
i.        Guru memberikan penjelasan atau meluruskan konsep yang salah secara singkat
3.        Penutup (10 menit)
a.       Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
b.      Guru menutup pelajaran dan memberikan salam


PERTEMUAN KEDUA
1.      Pendahuluan (10 menit)
a.       Guru memberikan apersepsi
Apa yang dimaksud dengan objek biologi?
b.      Guru memberi motivasi
Guru meminta siswa untuk melihat gambar yang di tujukan, setelah itu menanyakan dengan pertanyaan berikut: dari gambar tesebut tujukan masing tingkat organisasi kehidupan!
2.        Kegiatan inti (70 menit)
a.       Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b.      Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang
c.       Siswa diminta melakukan diskusi yang membahas tentang cara alternatif pemecahan masalah biologi dengan rencana  penelitian sederhana yang dapat dilakukan
d.      Setelah selesai guru meminta salah satu kelompok untuk menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya dan siswa lain menanggapi atau bertanya.
e.       Guru memberikan penjelasan atau meluruskan konsep yang salah secara singkat
f.       Guru membimbing siswa untuk melakukan kegiatan pratikum
g.      Siswa secara berkelompok melakukan pengamatan disekitar  lingkungan sekolah atau kebun sekolah untuk menentukan populasi, jumlah induvidu, dan menentukan kingdom
h.      Setelah selesai siswa kembali ke dalam kelas untuk membuat laporan singkat.
i.        Membuat  laporan secara kelompok! Lalu presentasikan hasil laporanmu di depan teman-teman sekelasmu secara bergantian!
3.        Penutup (10 menit)
a.       Guru membimbing siswa untuk merangkum materi pelajaran
b.      Guru memberikan tugas rumah untuk membuat suatu penelitian sederhana dengan menggunakan metode ilmiah secara berkelompok.
c.       Guru menutup pelajaran dan memberikan salam

H.  Sumber Belajar/Alat/Bahan
1.      Sumber Belajar:
·         Buku teks
Pratiwi, D.A, dkk. 2007. Biologi Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga
          Aryulina, Diah.2007.  Biologi 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta:
Penerbit ESIS
2.      Alat
·         Laptop                                                 
·         LCD Proyektor
3. Bahan
·         LKS, Bahan presentasi
I.  Penilaian Hasil Belajar            
1.        Teknik
·         Tes tertulis
·         Tes Unjuk kerja

2.        Bentuk Instrumen
·         Uraian, Pilihan ganda,
·         Lembar observasi
3.        Contoh instrument terlampir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar